Kamis, 23 Februari 2012

BIKIN PASPOR, YUK!



Susah nggak sih bikin paspor?. Eh Mpok, emang mo kemana bikin paspor segala, jadi TKW ya?. Ah nggak. Buat siap2 aja siapa tahu tahun ini sempat jalan2 ke Singapura. Jiaaah, mau ngabur? Sok kayak Gayus n Nazarudin aja. He he.. nggak lah. Ini kita mau bikin paspor asli tahu! Nah kalo mereka kan aspal, asli tapi palsu.  Apa sih sebenarnya kegunaan paspor itu? Ya intinya sih kayak SIM gitu, surat ijin buat pergi keluar negeri tapi bukan buat menetap, kalo menetap harus pake visa segala jadi ada surat tambahan lagi tuh sister.
Kalo boleh kasih masukan nih, gmn tuh caranya bikin paspor gak mesti bolak-balik ya. Saya sampai 4 kali hanya buat bikin paspor baru. Nah biar nggak kayak saya perhatikan nih prosedur bikin paspor yang mandiri-maksudnya kagak pake calo alias ngurus sendiri.
  1.  Tahu dulu kantor imigrasinya di mana. Ni penting banget bro dan sis.  Makanya cari tahu dulu kalau perlu searching di internet. Nah kalo di kota Bogor kantornya ada di Jalan Ahmad Yani No. 65 Bogor deket SMKN 1 Bogor.
  1. Siapin berkas berikut fotokopi KTP, KK, ijazah terakhir atau akta kelahiran atau surat nikah semuanya dlm format A4 buat jaga2 siapain aja ketiga2nya. Satu lagi buat PNS kudu melampirkan surat permohonan a.n atasan kita dg kop surat kantor, minta contoh surat permohonannya kalau perlu ke bagian customer service.
  2. Datang ke kantor Imigrasi, ambil formulir pengisian dan langsung diisi di tempat. Semua berkas tmsk formulir pengajuan dimasukkan ke map yg dibeli dengan harga 15 ribu di dalamnya ada formulir pernyataan bermaterai dan sampul buku.
  3.  Ambil nomor antri pengajuan permohonan, setelah dipanggil menyerahkan fotokopi berkas di atas. Nah kita akan dpt tanda terima sbg bukti utk melakukan pembayaran kurang lebih 3 hari kemudian. Di bukti sdh ditulis tgl berapa kita harus datang utk bayar, foto dan wawancara. (Pake wawancara segala, ni mau nglamar kerja atau apa sih?  wis pokoke ikut prosedur saja lah)
  4.  kita dtg lg ke kantor  utk bayar 255 ribu jika paspor 48 hal yg kita bikin, kalo 24 hal cuma 105 ribu  Setelah byar kita antri lagi utk foto trus antri lagi utk wawancara.  Jangan lupa bawa dokumen aslinya biasanya suka ditanyakan petugas untuk mencocokkan.  Oya saat wawancara, kalau memang paspor itu salah satunya digunakan untuk bepergian ibadah (umroh, atau haji) jangan lupa juga dibelakang nama pada pendataan kita minta diberi embel-embel nama orangtua (ayah).
  5.  Foto dan wawancara udah selesai kita tanda tangan paspor. Beres?.  Oh belum. Kita lalu dikasih tanda bukti untuk pengambilan paspor 4 hari kemudian. Balik lagi kan?

Gitu gan, sebenarnya simpel cuman bolak baliknya bikin ribet palagi kalo rmhnya jauh. Nah yg jd catatan kalo sekedar daftar permohonan atau ambil paspor yg sdh jadi kita bisa mewakilkan sama org lain tapi kalo foto n wawancara harus yang bersangkutan. So kalo mau ambil cara ini Agan cukup datang sekali aja yg lainnya boleh nyuruh siapa aja yg penting ada td bukti. Ohya Sister, untuk foto dan wawancara ngantrinya lama Bo!, jadi buat para pekerja harus siap-siap bikin ijin kerja, karena kalau lagi ramai bisa-bisa seharian kita nongkrong di sana. Ok?semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: